Monday, February 4, 2013

BIOLOGI

SISITEM PENCERNAAN MAKANAN
   Salah satu ciri mahluk hidup adalah memerlukan makanan. Tidak ada satupun mahluk hidup di muka bumi ini yang tidak memerlukan makanan. Demikian juga manusia. Agar tetap hidup dan dapat melakukan aktivitas, manusia memerlukan makanan. Dapatkah anda memprediksi apa yang terjadi jika seseorang tidak makan selama tiga hari? Mungkin orang tersebut menjadi sangat lemah tenaganya. Apa pula yang terjadi jika manusia mendarita kelaparan dalam jangka waktu yang lama? Jawabannya akanmudah sekali ditebak. Manusia akan terlihat sangat kurus dan mudah terserang penyakit. Jika kelaparan berkepanjangan, yang akan terjadi adalah kematian. Mengapa makanan sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia dan juga seluruh mahluk hidup di bumi ini? Apakah semua makanan yang kita makan dapat digunakanoleh tubuh? Bagaimana proses pencernaan makanan yang dilakukan oleh alat – alat pencernaan kita? Samakah proses pencernaan pada manusia dengan proses pencernaan pada hewan? Pertanyaan di atas akan terjawab oleh uraian dan penjelasan di bawah ini.

A. MAKANAN
    Makanan yang masuk kedalam tubuh dicerna oleh sistem pencernaan menjadi bentuk yang dapat diserap oleh tubuh. Mengapa kita memerlukan makanan dalam jumlah yang cukup setiap hari? Apakah sebenarnya fungsi makanan bagi tubuh kita?

1. FUNGSI MAKANAN
    Ada tiga fungsi pokok makanan bagi tubuh, yaitu sebagai sumber energi, sebagai bahan penyusun komponen – komponen tubuh, dan sebagai pelindung tubuh terhadap lingkungan.

A. SEBAGAI SUMBER ENERGI
    Energi yang tersimpan di dalam makanan dalah energi kimia. Di dalam tubuh, energi kimia ini akan mengalami perubahan menjadi energi otot melalui serangkaian reaksi metabolisme. Energi dihasilkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein. Namun, diantara ketiganya, karbohidrat merupakan sumber energi utama.

B. SEBAGAI BAHAN PENYUSUN KOMPONEN TUBUH
    Jika diuraikan, tubuh manusia tersusun atas biomolekul – biomolekul, antara lain karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, dan vitamin. Senyawa – senyawa tadi merupakan penyusun komponen seluler tubuh. Untuk menyusun komponen – komponen tadi, diperlukan sumber dari luar tubuh berupa makanan. Di samping itu,komponen – komponen sel yang rusak juga harus diganti. Untuk mengganti ataupun membangun bagian – bagian tubuh tadi, diperlukan makanan dari luar.

No comments:

Post a Comment